Home » , , » Sidang Paripurna DPR Hari Ini Diprediksi Berlangsung 'Panas'

Sidang Paripurna DPR Hari Ini Diprediksi Berlangsung 'Panas'

Written By DPD PKS Garut on Sunday, June 16, 2013 | 6/16/2013


Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Marzuki Alie akan memimpin langsung sidang paripurna hari ini dengan agenda utama pengambilan keputusan terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Perubahan APBN 2013.

"Sidang akan dipimpin Pak Marzuki Alie. Tetapi, kami sebagai wakilnya tetap akan hadir dan mendampingi Ketua DPR RI," kata Wakil Ketua DPR M Sohibul Iman, Senin (17/6).

Paripurna sendiri diprediksi berjalan "panas". Hujan interupsi kemungkinan besar akan terjadi. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan bakal ada aksi keluar dari paripurna atau walk out.

Apabila RUU APBN 2013 disetujui dalam sidang paripurna, maka harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi bakal naik. BBM premium menjadi Rp 6.500 per liter dan solar jadi Rp 5.500 per liter.

Setelah harga harga BBM subsidi naik, pemerintah ingin memberi kompensasi Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) sebesar Rp150.000 per bulan kepada rakyat miskin. Selain itu, ada juga paket beasiswa untuk siswa tak mampu dan beras miskin selama lima bulan ke depan.

Dalam rapat kerja Badan Anggaran (Banggar) DPR dan Pemerintah pada Sabtu (15/6), RUU APBN 2013 sudah disepakati dengan catatan keberatan tiga fraksi untuk diajukan ke sidang paripurna.

Ketiga fraksi yang menyetujui sebagian RUU APBN 2013 yakni Fraksi PDI Perjuangan (F-PDIP), Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra).

Sedangkan enam fraksi yang sepakat adalah F-PD, Fraksi Partai Golkar (F-PG), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (F-PPP), dan Fraksi Partai Hati Nurani Rakyat (F-Hanura).

Sementara itu, rencana kompensasi BLSM yang sedianya diberikan selama lima bulan selepas kenaikan harga premium dan solar juga ditolak sebagian fraksi.

Empat fraksi menolak tegas skema apapun yang menyangkut penyesuaian harga BBM bersubsidi dan program kompensasi BLSM yaitu F-PDIP, F-PKS, F-Hanura dan F-Gerindra.[beritasatu]
Share this article :

Post a Comment

 
Copyright © 2013. pksgarut - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Redesign by PKS Garut